Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen
Vol 4, No 1 (2020): JURNAL BISNIS DAN KAJIAN STRATEGI MANAJEMEN

APAKAH BENAR VARIABEL MAKROEKONOMI MEMILIKI KAUSALITAS DENGAN MINYAK SAWIT (PENDEKATAN PAIRWISE GRANGER CAUSALITY TEST DAN WALD TEST)

Syahril Syahril (Universitas Teuku Umar)
Irmayani Irmayani (Universitas Teuku Umar)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

Kajian ini bermaksud  untuk melihat kausalitas bivariat dan kausalitas multivariat volume ekspor minyak sawit Indonesia, volume ekspor minyak sawit Malaysia, harga minyak mentah dunia, harga minyak kedelai, kurs dan harga minyak sawit dunia. Jenis data dalam kajian ini adalah data skunder (bulanan periode Januari 2008-Desember 2017), yang diperoleh dari Laporan BPS, FAO, WTO dan  BI. Untuk menjawab masalah dalam penelitian ini dengan menggunakan model VECM dengan pendekatan Pairwise Granger Causality Test dan Wald Test untuk melihat hubungan antar variabel.  Hasil uji kausalitas bivariat membuktikan adanya hubungan kausalitas satu arah antara volatilitas harga minyak mentah sawit dunia  dengan volume  ekspor minyak mentah sawit Malaysia dan harga minyak mentah, kemudian volatilitas minyak mentah sawit dunia dengan kurs rupiah terhadap dollar USA. Kemudian hasil uji Kausalitas Multivariat menjelaskan bahwa adanya hubungan kausalitas dua arah antara volatitas harga minyak mentah sawit dunia dengan volume ekspor minyak mentah sawit Indonesia dan harga minyak kedelai dunia.  Hasil penelitian ini menjadikan sebagai rumusan kebijakan dalam menjaga kestabilan harga minyak sawit dunia dan bagaimana pengembangan usaha perkebunan dan  industri turunan kelapa sawit.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jbkan

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

E-Jurnal Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen [E-ISSN 2657-1544] adalah jurnal ilmiah elektronik yang diterbitkan online enam bulan sekali. E-Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM dan menyalurkan minat berbagi dan penyebaran ilmu pengetahuan ...