Jurnal Patra
Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Patra Mei 2020

Studi Persepsi Masyarakat Terhadap Masyarakat Pasar Simpang Pulo Gadung Jakarta Timur

Dedi Hantono (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Chaesar Dhiya Fauzan Widi (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Ichsan Havidz (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Mundhi Prihutama (Universitas Muhammadiyah Jakarta)



Article Info

Publish Date
02 May 2020

Abstract

Pasar adalah salah satu tempat usaha menjual barang, jasa, dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang. Kegiatan ini merupakan bagian dari perekonomian. Persaingan sangat penting dalam pasar. Dalam pelaksanaannya pasar terbagi menjadi dua kategori yaitu pasar formal dan pasar informal. Pasar informal sering kali memiliki citra buruk. Contoh pasar Simpang Pulogadung, merupakan pasar informal yang tumbuh secara organik di dekat terminal Pulogadung, tumbuh dengan sendirinya yang berawal dari perkumpulan pedagang yang menetap di daerah tersebut sehingga menjadi sebuah komunitas tersendiri pada daerah tersebut. Pasar Simpang Pulogadung mampu hidup dan mempertahankan keinginan konsumen sekitar pasar, bahkan kendaraan yang melintasinya. Permasalahan terbesar dari pasar Simpang Pulogadung ini adalah lokasi yang berada tepat dipinggir jalan Perintis Kemerdekaan. Penataan ruang dagang tersebut menjadi permasalahan utama untuk mengkaji persepsi masyarakat sekitar dan juga pengguna kendaraan dalam melakukan aktifitas karena pasar tersebut menggunakan bahu jalan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

patra

Publisher

Subject

Arts Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Social Sciences

Description

Jurnal Patra berupa pengkajian ilmiah dan penyampaian proses perancangan secara ilmiah dalam bidang perancangan lingkungan binaan, yang meliputi: (a) desain interior, (b) desain produk, (c) arsitektur, (d) teknologi bangunan, (e) ) etnografi terkait perancangan lingkungan binaan, (f) komputasi ...