Jurnal Repositor
Vol 2 No 3 (2020): Maret 2020

Implementasi Metode Personal Extreme Programming dalam Pengembangan Sistem Manajemen Transaksi Perusahaan (Studi Kasus : CV. Todjoe Sinar Group)

Muhammad Ulfi (Universitas Muhammadiyah Malang)
Gita Indah Marthasari (Universitas Muhammadiyah Malang)
Ilyas Nuryasin (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2020

Abstract

CV. Todjoe Sinar Group merupakan salah satu perusahaan perusahaan yang bergerak di bidang percetakan. Beberapa masalah yang terjadi dalam pelaksanaan proses bisnis disebabkan oleh pengelolaan proses bisnis yang dijalankan secara manual. Oleh karena itu, diperlukan suatu sistem informasi yang dapat dibangun secara tepat dan cepat. Metode pengembangan perangkat lunak yang dapat memenuhi hal tersebut termasuk kedalam agile software development. Salah satu metode yang termasuk kedalam agile software development adalah Personal Extreme Programming atau PXP. PXP merupakan metode pengembangan dari Extreme Programming yang disesuaikan agar dapat dikerjakan oleh pengembang tunggal. Sistem yang akan dibangun dalam penelitian ini merupakan sistem manajemen transaksi perusahaan. Kebutuhan sistem didapat pada fase requirements. Tahap pengembangan akan dilanjutkan dengan perencanaan iterasi dengan menentukan prioritas kebutuhan dan diskusi bersama. Pengembangan sistem akan dilakukan secara iteratif berdasarkan perencanaan yang telah dilakukan. Apabila terdapat perubahan atau penambahan kebutuhan, maka akan dilakukan perencanaan ulang. Berdasarkan hasil penelitian ini, PXP dapat diimplementasikan dalam studi kasus ini. Kemampuan, pemahaman, dan pengalaman dari seorang pengembang dalam mengerjakan suatu sistem dapat menentukan kesesuaian estimasi pengerjaan sistem dalam metode PXP. Interaksi dengan klien berperan penting dalam proses pengembangan sistem agar proses pengembangan sistem tetap terarah sesuai dengan kebutuhan klien.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

repositor

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering

Description

Jurnal Repositor dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Malang dan dikelolah Program Studi Informatika. Jurnal Repositor merupakan jurnal ilmiah dengan ruang lingkup keilmuan bidang ifnormatika. Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian, telaah ilmiah dan serangkaian hasil studi yang ...