Dialog
Vol 41 No 2 (2018): Dialog

Survei Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Publik Penyelenggara Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Medan

Sri Rayani Tanjung (Balai Diklat Keagamaan Bandung)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1. untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan peserta diklat dapat menggambarkan mutu pelayanan publik BDK Medan, 2. untuk mengetahui adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan penyelenggara diklat (panitia diklat, widyaiswara dan petugas) terhadap kecepatan penyelenggara diklat dalam memberikan pelayanan publik BDK Medan. Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Responden pada Survei IKM BDK Medan dipilih secara acak dengan menggunakan teknik convenience sampling. Secara teknis penyampaian kuesioner dilakukan dengan menggunakan aplikasi google form yang alamatnya dibagikan kepada peserta diklat melalui group whatsapp. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa 1. mutu pelayanan publik BDK Medan dalam kategori “Baik” dengan nilai IKM BDK Medan sebesar 83,46 yang berada pada interval (76,61-88,30); 2. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemampuan penyelenggara diklat (panitia diklat, widyaiswara dan petugas) terhadap kecepatan penyelenggara diklat dalam memberikan pelayanan publik BDK Medan. Adapun rekomendasi pada aspek-aspek pelayanan publik BDK Medan dalam kategori “Baik” namun perlu dioptimalkan dengan mencari metode pelayanan yang paling efektif dan efesien.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

dialog

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

DIALOG (p-ISSN: 0126-396x, e-ISSN: 2715-6230) is a periodical scientific journal which managed by Secretary of The Research and Development & Educational Training Agency - Ministry of Religious Affairs. This journal first published in 1976. But then, it was officially changed in to an electronic ...