JI-Tech
Jurnal JI-Tech Vol.14 No.1 (2018)

Rancang Bangun Sistem Penunjang Keputusan Dalam Seleksi Penerima Beasiswa Menggunakan Fuzzy Logic Metode Mamdani (Studi Kasus : STTI NIIT I-Tech Jakarta)

Muhammad Bagir (Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT)
Ahmad Fauzan Saputro (Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2020

Abstract

Setiap tahun STTI NIIT I-Tech selalu memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang berprestasi dan/atau yang kurang mampu. Namun tidak semua mahasiswa bisa mendapatkan beasiswa yang selalu diselenggarakan tiap tahunnya. Dengan adanya kriteria – kriteria tertentu, maka hanya beberapa mahasiswa yang masuk dalam kualifikasi seleksi penerima beasiswa. Terbatasnya daya tampung tiap periode beasiswa membuat tidak semua mahasiswa yang masuk kualifikasi bisa menerima beasiswa yang diselenggarakan kampus.Permasalahanya ialahketika melakukan penyeleksian, bagian kemahasiswaan harus melakukan pengecekan satu per satu data dari seleuruh mahasiswa yang mendaftarkan diri untuk seleksi penerima beasiswa. Pengerjaan seperti itu cukup memakan waktu dan dapat menimnulkan ketidaktepat sasaran dalam menyeleksi.Dengan adanya sistem penunjang keputusan dengan algoritma fuzzy mamdani ini, diharapkan dapat membantu bagian kemahasiswaan dalam melakukan penyeleksian mahasiswa mana yang lebih berhak mendapatkan beasiswa serta dapat membantu dalam mengefisiensi waktu saat melakukan seleksi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jitech

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal JI-Tech merupakan terbitan berkala ilmiah yang dikelola oleh LPPM STTI NIIT dan terbit 2 kali dalam setahun (bulan Juni dan Desember). Ruang lingkup publikasi yang akan diterbitkan dalam jurnal JI-Tech adalah Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Pemrograman Komputer, Aplikasi Mobile, ...