Kreatif
Vol 16, No 3 (2013)

PENGARUH PEMBERIAN TUGAS DAN POSISI TEMPAT DUDUK TERHADAP HASIL BELAJAR STATISTIK PENDIDIKAN

Thalib, Muh Mansyur (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2014

Abstract

ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi perbedaan skor hasil belajar mahasiswa berdasarkan bentuk tugas dan posisi tempat duduk. Selain itu diharapkan dapat memberikan informasi tentang pengaruh interaksi antara bentuk tugas dan posisi tempat duduk terhadap hasil belajar mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah 60 mahasiswa semester III Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Untad. Disain penelitian berbentuk quasi eksperimen faktorial 2 x 2. Variabel perlakuan adalah bentuk tugas dan variabel atribut adalah posisi tempat duduk, sedang variabel terikat adalah hasil belajar Statistik Pendidikan. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis varians (ANAVA) dua jalur pada taraf signifikansi  α = 0,05, dan dilanjutkan dengan menggunakan uji Tukey atau Tukey’s HSD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, skor hasil belajar Statistik Pendidikan mahasiswa yang diberikan tugas kelompok lebih tinggi dari pada skor hasil belajar mahasiswa yang diberikan tugas perorangan. Hal ini berlaku pada mahasiswa yang duduk di posisi depan, tetapi tidak demikian halnya pada mahasiswa yang duduk di posisi belakang. Kedua, skor hasil belajar Statistik Pendidikan mahasiswa yang duduk di posisi depan lebih tinggi dari pada skor hasil belajar mahasiswa yang duduk di posisi belakang. Hal ini berlaku pada mahasiswa yang diberikan tugas kelompok, tetapi tidak demikian halnya pada mahasiswa yang diberikan tugas perorangan.  Ketiga, ada interaksi antara pemberian tugas (kelompok vs perorangan) dan posisi tempat duduk (depan vs belakang) dalam mempengaruhi skor hasil belajar Statistik Pendidikan mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling FKIP Untad. Kata Kunci: Bentuk tugas, posisi tempat duduk, dan hasil belajar

Copyrights © 2013