EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling
Vol 2 No 1 (2020): EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling

Transformational versus Transactional Leadership: Manakah yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Guru?

Miyv Fayzhall (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Insan Pembangunan)
Agus Purwanto (Universitas Pelita Harapan)
Masduki Asbari (Universitas Pelita Harapan)
Francisca Sestri Goestjahjanti (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Insan Pembangunan)
Winanti Winanti (STMIK Insan Pembangunan)
Teguh Yuwono (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Insan Pembangunan)
Fatrilia Rasyi Radita (STMIK Insan Pembangunan)
Nurasiah Nurasiah (STMIK Insan Pembangunan)
Yayah Yulia (STMIK Insan Pembangunan)
Yoyok Cahyono (Universitas Pramita Indonesia)
Popong Suryani (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Perdana Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah (transformational atautransactional)terhadap kepuasan kerja guru sekolah swasta di Jabodetabek yang dimediasi oleh persepsi kerja guru. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner kuantitatif dengan pengambilan sampel acak sederhana melalui elektronik ke populasi guru di Jabodetabek. Hasil kuesioner yang dikembalikan dan valid adalah 277 sampel.Pemrosesan data menggunakan metode SEM dengan perangkat lunak SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan guru, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui mediasi persepsi kerja guru. Sedangkan kepemimpinan transaksional tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan guru, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui mediasi persepsi kerja guru. Penelitian baru ini mengusulkan sebuah model untuk membangun kepuasan kerja guru sekolah di Jabodetabek melalui peningkatan kemampuan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan persepsi kerja guru sebagai mediator. Implikasi penelitian dibahas dalam kaitannya dengan pengawas dan kepala sekolah,serta pembuat kebijakan di tingkat pemerintah.Penelitian ini dapat membuka jalan untuk meningkatkan kesiapan guru dalam menghadapi era pendidikan 4.0.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Edupsycouns

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Edupsycouns: Education, Psychology and Counseling, adalah jurnal ilmiah Open Access yang diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling STKIP Muhammadiyah Enrekang bekerja sama dengan Asosiasi Program Studi Bimbingan dan Konseling APSBKPTM, dan Asosiasi Bimbingan dan Konseling ...