Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Volume 3 Nomor 1 Edisi Juni 2019

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Ventura, Ewaldus Odo (Unknown)
Rohani, Rohani (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan dan bentuk penelitiannya penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Terdapat peningkatan hasil belajar setiap siklusnya melalui penerapan metode pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). Hasil belajar siklus I terdapat 18 orang siswa yang tuntas dan yang belum tuntas 11 orang siswa, nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 55 dengan nilai rata-rata mencapai 71,93 dan ketuntasan klasikal mencapai 62%. Selanjutnya evaluasi hasil belajar siklus II terdapat 25 orang siswa yang tuntas dan yang belum tuntas 4 orang siswa , nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 65, dengan nilai rata-rata 77,10 dan ketuntasan klasikal mencapai 86% dengan kategori tinggi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

kewarganegaraan

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan berisikan tentang hasil penelitian pada bidang ke-PKN-an meliputi kajian tentang pendidikan, politik, HAM, startegi dan metode pembelajaran ...