SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied
Vol 1 No 01 (2019): Edisi Pertama

EFEKTIVITAS BAHAN AJAR DENGAN ALUR MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA PRODI MATEMATIKA UHN

Suryati Sitepu (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah bahan ajar yang didesain dengan menggunakan alur model pembelajaran problem based learning yang akan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP UHN. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas bahan ajar dengan alur model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa prodi matematika UHN. Sampel yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah seluruh mahamahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen yang mengikuti matakuliah Matematika diskrit sebanyak dari 3 kelas. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pada tahap I diperoleh pencapaian ketuntasan 89,76% kategori tinggi, Pencapaian waktu ideal 4,10 kategori baik, kemampuan mengajar 4,35 kategori baik sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar dengan alur model pembelajaran problem based learning efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP UHN. Selanjutnya pada tahap II diperoleh pencapaian ketuntasan 92,91% kategori tinggi, Pencapaian waktu ideal 4,00 kategori baik, kemampuan mengajar 4,25 kategori baik sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar dengan alur model pembelajaran problem based learning efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP UHN.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sepren

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Mathematics Other

Description

Jurnal Sepren mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan matematika, baik dalam pendidikan matematika maupun matematika terapan. Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam Jurnal Sepren ini berupa artikel dari para peneliti pendidikan matematika, peneliti ...