SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied
Vol 1 No 02 (2020): Edisi April 2020

MODEL PEMBELAJARAN PENCAPAIAN KONSEP DENGAN PENDEKATAN ILMIAH TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTATIF MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UHN

Adi S Situmorang (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persentasi ketuntasan kemampuan representatif mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP UHN yang diajarkan dengan desain model pembelajaran pencapaian konsep dengan pendekatan ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) desain model pembelajaran pencapaian konsep dengan pendekatan ilmiah terhadap kemampuan representatif yang telah dirancang sudah sangat baik karena aktivitas mengajar dosen dari observer pada semua aspek dan indikator model adalah 4,55 dan aktivitas aktif mahasiswa dari hasil observasi adalah 4,51 yang artinya aktivitas aktif mahasiswa berada pada kategori “Sang Baik”. 2) pencapaian ketuntasan kemampuan representatif mahasiswa prodi pendidikan matematika yang mengikuti matakuliah analisis riel 1 tahun akademik 2019/2020 telah tuntas secara klasikal karena 95 orang dari 110 orang atau sekita 86,36% mahasiswa telah mencapai nilai ketuntasan minimal ³75.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

sepren

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Mathematics Other

Description

Jurnal Sepren mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan matematika, baik dalam pendidikan matematika maupun matematika terapan. Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam Jurnal Sepren ini berupa artikel dari para peneliti pendidikan matematika, peneliti ...