Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP)
Vol 2 No 1 (2020): Januari

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE PADA POKOK BAHASAN DIAGRAM VENN

Mawardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan motivasi siswa dalam belajar matematika dengan pembelajaran aktif tipe rotating trio exchange. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa sebanyak 21 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa yang diambil dari hasil tes pada setiap siklus, kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran yang diambil dari lembar observasi guru, sedangkan aktivitas siswa dalam pembelajaran diambil dari lembar observasi siswa. Hasil penelitian pada siklus I dari 21 siswa rata-rata aktivitas pembelajaran matematika sebelum menggunakan pembelajaran aktif tipe rotating trio exchange sebesar 70%. Sedangkan hasil pengamatan motivasi pembelajaran rata-rata 61% dari 21 siswa. Pada siklus II rata-rata pengamatan aktivitas pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran aktif tipe rotating trio exchange 88%. Sedangkan hasil pengamatan motivasi siswa menggunakan pembelajaran aktif tipe rotating trio exchange pada siklus II sebesar 81%. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan metode pembelajaran aktif tipe rotating trio exchange dapat meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar siswa

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jrip

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian Intervensi Pendidikan (JRIP) adalah jurnal yang dikelola oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram. Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian pada bidang pendidikan yang meliputi (1) hasil penelitian tindakan intervensi kelas, (2) penelitian pengembangan intervensi ...