Jurnal Pendidikan Islam
Vol 2, No 2 (2018): Desember

NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL MADOGIWA NO TOTTO-CHAN PERSPEKTIF KH. HASYIM ASY’ARI

Arifin, Arifin (Unknown)
Karimah, Ghunniyatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2018

Abstract

Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter tidak hanya dengan memasukkan nilai-nilai karakter dalam rencana pelaksanaan pembelajaran saja tanpa menerapkannya. Karena pendekatan paling efektif dalam penanaman nilai-nilai karakter adalah dengan pemberian contoh secara langsung. Pendidikan karakter merupakan proses tiada henti, pemerintah boleh saja berganti, raja boleh saja turun tahta, namun pendidikan karakter bukanlah proses diawal dan diakhirnya saja. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan dan persamaan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Madogiwa no Totto-chan dengan nilai-nilai pendidikan karakter perspektif KH. Hasyim Asy?ari. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi yaitu dengan menghimpun referensi terkait topik dan menganalisisnya.Hasil kajian memberi kesimpulan bahwa antara nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada novel Madogiwa no Totto-chan dan KH.Hasyim Asy?ari tidak ada perbedaan.Keduanya sama-sama bertujuan untuk membentuk manusia insan kamil yang berkarakter dan berbudi luhur.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Islam (JPI) adalah jurnal ilmiah berkala sebagai media desiminasi hasil kerja akademik para peneliti, dosen dan penulis. Jurnal ini memuat artikel-artikel ilmiah konsepsional dan hasil penelitian seputar pendidikan Islam ditinjau dari berbagai aspek dan sudut pandangnya. Jurnal ...