. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa kreativitas matematika dapat ditingkatkan melalui model Vark-Fleming pada siswa kelas VIII2 SMP Negeri 3 Mattiro Sompe. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang pelaksanaannya meliputi 4 tahapan yaitu: perencanaan (planing), tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII2 semester ganjil dengan jumlah murid 25 orang. Data peneltian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes kreativitas matematika dan lembar observasi. Berdasarkan analisis statistika deskriptif diperoleh nilai rata-rata kreativitas matematika pada siklus II sebesar 64,33, meningkatnya rata-rata persentase aktivitas siswa yang sesuai dengan pembelajaran pada siklus I sebesar 72,38% menjadi 83,81% pada siklus II, menurunnya rata-rata persentase aktivitas siswa yang tidak sesuai dengan pembelajaran pada siklus I sebesar 21,33% menjadi 10,67% pada siklus II, dan meningkatnya rata-rata kemampuan guru mengelola pembelajaran dari siklus I sebesar 3,36 menjadi 4,49 pada siklus II, hal ini berarti bahwa model Vark-Fleming dapat meningkatkan kreativitas matematika pada siswa kelas VIII2 SMP Negeri 3 Mattiro Sompe.
Copyrights © 2021