Media Elektrik
Vol 17, No 2 (2020): Media Elektrik

PENINGKATAN HASIL BELAJAR DASAR KOMPETENSI KEJURUAN MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS X SMK NEGERI 5 MAKASSAR

Labusab Labusab (Universitas Negeri Makassar)
Retyana Wahrini (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatakan hasil belajar  Dasar Kompetensi Kejuruan siswa Kelas X SMK Negeri 5 Makassar. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X Teknik Permesinan SMK Negeri 5 Makassar. yang berjumah 31 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah  pemberian tes pada  setiap akhir siklus serta observasi langsung pada saat pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian mengindikasikan adanya peningkatan hasil belajar siswa secara kuantitatif. Peningkatan terlihat pada nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 6,60 dan kemudian dilanjutkan pada siklus II meningkat menjadi 7,98. Secara kualitatif terjadi perubahan keaktifan dan perhatian siswa selama pelaksanaan pembelajaran yaitu meningkatnya keaktifan belajar siswa, memupuk keberanian siswa dalam mengeluarkan pendapat, serta adanya suatu kondisi proses pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran kontekstual dapat Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Kompetensi Kejuruan Siswa Kelas X SMK Negeri 5 Makassar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mediaelektrik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Electrical & Electronics Engineering Social Sciences

Description

Jurnal Media Elektrik menerbitkan naskah hasil penelitian dan review literatur dalam bidang pendidikan teknologi dan vokasi/kejuruan: pembelajaran dan evaluasi; teknik elektro: instalasi tenaga, pengontrolan, dan instrumentasi; teknik informatika dan komputer: rekayasa perangkat lunak, jaringan ...