Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatakan hasil belajar Dasar Kompetensi Kejuruan siswa Kelas X SMK Negeri 5 Makassar. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X Teknik Permesinan SMK Negeri 5 Makassar. yang berjumah 31 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes pada setiap akhir siklus serta observasi langsung pada saat pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian mengindikasikan adanya peningkatan hasil belajar siswa secara kuantitatif. Peningkatan terlihat pada nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 6,60 dan kemudian dilanjutkan pada siklus II meningkat menjadi 7,98. Secara kualitatif terjadi perubahan keaktifan dan perhatian siswa selama pelaksanaan pembelajaran yaitu meningkatnya keaktifan belajar siswa, memupuk keberanian siswa dalam mengeluarkan pendapat, serta adanya suatu kondisi proses pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran kontekstual dapat Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Kompetensi Kejuruan Siswa Kelas X SMK Negeri 5 Makassar.
Copyrights © 2020