jurnal ilmu keolahragaan
Vol 3, No 1 (2020): Jurnal Ilmu Keolahragaan Volume 3 Nomor 1 Tahun 2020

PENGARUH METODE LATIHAN DAN KEKUATAN TERHADAP TENDANGAN DEPAN PENCAK SILAT (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA SMA ATTAUFIK KOTA JAMBI)

Fitri Diana (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
31 May 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari metode latihan sirkuit dan interval training dan kekuatan otot tungkai terhadap kecepatan tendangan depan Pencak Silat. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMA Attaufik Kota Jambi, penelitian ini menggunakan treatment by level 2 x 2. Sampel terdiri dari 40 pesilat dibagi menjadi empat kelompok, masing-masing terdiri dari 10 pesilat. Teknik analisis data adalah analisis varians dua jalur (ANOVA) dan selanjutnya dilanjutkan dengan uji Tukey pada tingkat signifikansi α = .05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) metode latihan sirkuit memiliki pengaruh yang lebih baik daripada Metode latihan interval training terhadap kecepatan tendangan depan. (2) terdapat interaksi antara metode latihan sirkuit dan metode interval training dan kekuatan terhadap kecepatan tendangan depan. (3) metode latihan sirkuit memiliki pengaruh yang lebih baik dari pada metode latihan interval training terhadap kecepatan tendangan depan bagi pesilat yang memiiki kekuatan baik. (4) metode latihan sirkuit memiliki pengaruh yang lebih baik daripada metode interval training terhadap kecepatan tendangan depan pesilat yang memiliki kekuatan kurang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jilo

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Jurnal Ilmu Keolahragaan focuses on the sport sciences, physical education, sport health, sport tourisme, sport marketing, and sport industry. To be considered for publication, manuscripts must original and relevant to the afore-mentioned ...