Owner : Riset dan Jurnal Akuntansi
Vol. 4 No. 1 (2020): Owner Vol. 4 No. 1 Periode Februari 2020

Determinan Persepsi Pengguna, Kepuasaan Pengguna dan Kesuksesan Implementasi E-Budgeting di Pemerintah Kota Surakarta: (Studi Kasus Pada Organisasi Pemerintah Daerah Kota Surakarta)

Rihan Mustafa Zahri (Universitas PGRI Madiun)
Dinda Amelia Kusumastuti (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji tingkat kesuksesan model sistem e-budgeting di pemerintah kota Surakarta dengan menggunakan D&M IS Succes Model yang dikembangkan oleh Delone dan McLean (Delone dan McLean, 2003). Penelitian ini menggunakan metode observasi dan survei yaitu metode pengumpulan data primer yang diperoleh secara langsung dari sumber asli melalui kuesioner dan wawancara langsung dengan responden. Populasi dalam penelitian ini adalah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di pemerintah kota Surakarta yang terkait dengan penyusunan anggaran dengan menggunakan e-budgeting. Data yang sudah disebar melalui kuesioner dianalisis menggunakan sotware Analysis of Moment Structure (AMOS) IBM 23. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kualitas sistem berpengaruh positif terhadap persepsi penggunaan e-budgeting. Kualitas sistem informasi e-budgeting berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan pengguna e-budgeting. Kualitas informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan e-budgeting. Kualitas informasi tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan e-budgeting. Kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. Persepsi penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna. Persepsi penggunaan e-budgeting berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja e-budgeting. Kepuasan pengguna berpengaruh positif terhadap kesuksesan atau kinerja e-budgeting.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

owner

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Owner (Riset dan Jurnal Akuntansi) adalah jurnal akademik yang berlandaskan nilai nilai keilmiahan. Owner diterbitkan 2 kali dalam setahun dengan periode Februari dan Agustus dipublikasikan oleh Program Studi Akuntansi Perguruan Tinggi Politeknik Ganesha Medan. Ruang Lingkup : Akuntansi Keuangan; ...