Owner : Riset dan Jurnal Akuntansi
Vol. 1 No. 2 (2017): Owner Volume 1 Nomor 2 Agustus 2017

Sinyal Kinerja Profitabiltas, Solvabilitas dan Rasio Pasar yang Mempengaruhi Harga Saham Syariah di Jakarta Islamic Index (JII)

Purboyo Purboyo (Universitas Banjarmasin)
Rizka Zulfikar (Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja profitabilitas, solvabilitas, dan rasio pasar terhadap harga saham syariah di bursa efek Indonesia yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII) selama periode tahun 2013 – 2016. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dan didapat 15 perusahaan bersaham syariah yang selama periode pengamatan atau selama empat tahun berturut-turut masuk ke dalam indeks JII. Metode pengujian menggunakan analisis regresi berganda dengan alat uji SPSS dengan variabel yang diteliti adalah ROA, NPM, DAR, EPS, PER, dan harga saham syariah. Hasil uji statistik dengan uji F (F-test) didapatkan hasil bahwa semua variabel independen ROA, NPM, DAR, EPS, PER secara simultan atau bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap harga saham syariah dengan tingkat signifikansi 0,00. Kemudian hasil uji statistik dengan uji t (t-test) bahwa secara parsial variabel ROA, DAR, EPS, PER berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham syariah dan variabel NPM berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap harga saham syariah, selanjutnya nilai Adj. R square didapat hasil 0,896 yang berarti pengaruh variabel ROA, EPS, NPM, DAR, PER terhadap Harga Saham Syariah cukup tinggi sebesar 90% dan sisanya 10% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

owner

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Owner (Riset dan Jurnal Akuntansi) adalah jurnal akademik yang berlandaskan nilai nilai keilmiahan. Owner diterbitkan 2 kali dalam setahun dengan periode Februari dan Agustus dipublikasikan oleh Program Studi Akuntansi Perguruan Tinggi Politeknik Ganesha Medan. Ruang Lingkup : Akuntansi Keuangan; ...