Owner : Riset dan Jurnal Akuntansi
Vol. 1 No. 1 (2017): Owner Volume 1 Nomor 1 Februari 2017

Pengaruh Kompetensi, Independen, Dan Motivasi Terhadap Kualitas Audit Dalam Pengawasan Keuangan Daerah (Studi Empiris Pada Auditor BPKP Perwakilan Provinsi Sumatera Utara)

Fauziah Fauziah (Politeknik Ganesha Medan)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2017

Abstract

Abstrak-Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris apakah ada pengaruh kompetensi, independensi dan motivasi untuk kualitas audit di bidang pengawasan keuangan di auditor BPKP Perwakilan Provinsi Sumatera Utara. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif adalah untuk mengetahuipengaruh variabel dependen dan variabel independen digambarkan numerik dan data. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan menggunakan kuesioner (angket), yang telah terstruktur dengan tujuan mengumpulkan informasi dari BPKP Perwakilan auditor Provinsi Sumatera Utara sebagai responden dalam penelitian ini. Data sekunder diperoleh dari hasil laporan pemantauan pada kualitas akuntabilitas keuangan Negara / Provinsi Sumatera Utara pada tahun 2014 oleh BPKP Perwakilan Provinsi Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh auditor yang bekerja di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Provinsi Sumatera Utara sebesar 126 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sampling jenuh / sensus berdasarkan ketersediaan data yang sesuai variabel penelitian berjumlah 126 orang. Dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan nilai R dari 0,741 (74,1%). Penelitian ini menghasilkan penemuan empat sebagai hipotesis penelitian. Pertama, kompetensi dan efek positif yang signifikan terhadap kualitas audit. Kedua, independensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas audit. Ketiga, motivasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit. Keempat, dapat disimpulkan bahwa variabel kompetensi, independensi dan motivasi bersama-sama memiliki hubungan yang kuat dan efek positif terhadap kualitas audit.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

owner

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Owner (Riset dan Jurnal Akuntansi) adalah jurnal akademik yang berlandaskan nilai nilai keilmiahan. Owner diterbitkan 2 kali dalam setahun dengan periode Februari dan Agustus dipublikasikan oleh Program Studi Akuntansi Perguruan Tinggi Politeknik Ganesha Medan. Ruang Lingkup : Akuntansi Keuangan; ...