Penelitian ini menggunakan action research dengan teori Kemmis dan Taggart (2014: 19). Yaitu: menggambarkan bahwa refleksi diri dalam siklus spiral ini adalah (1) merencanakan perubahan; (bertindak dan mengamati proses dan konsekuensi dari perubahan; (2) merefleksikan proses dan konsekuensi; (4) merencanakan kembali; (5) bertindak dan observasi kembali; (6) merefleksikan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan sebagai berikut: Dengan penerapan modifikasi alat dalam pembelajaran lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas XI SMAN 1 Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut mempunyai peningkatan hasil belajar yang signifikan yaitu persentase ketuntasan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siklus I adalah 80% dan untuk siklus II sebesar 100% yang artinya melalui modifikasi alat dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. Kata Kunci: Penerapan, Modifikasi Alat, Lompat Jauh
Copyrights © 2017