Science Map Journal
Vol 1 No 1 (2019): Science Map Journal

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DIPADU DENGAN READING, QUESTIONING, AND ANSWERING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN RETENSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 AMBON PADA MATERI SISTEM EKSKRESI

Yeslina Patty (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura)
M Nur Matdoan (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura)
S Liline (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura)
Tri Santi Kurnia (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura)



Article Info

Publish Date
14 May 2019

Abstract

Penelitian untuk mengetahui hasil belajar dan retensi siswa dengan penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching dipadu dengan Reading, Questioning, and Answering pada materi sistem ekskresi telah dilakukan pada tanggal 21 Mei – 21 Juni 2018. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes untuk untuk mengetahui hasil belajar siswa dan retest untuk mengetahui retensi siswa. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui nilai afektif dan psikomotor siswa. Data hasil penelitian dianalis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Reciprocal Teaching dipadu dengan Reading, Questioning, and Answering dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan perolehan rata-rata nilai formatif yaitu 83.43. Namun, model pembelajaran Reciprocal Teaching dipadu dengan Reading, Questioning, and Answering tidak berpengaruh pada retensi siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sciencemap

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Social Sciences

Description

Science Map Journal (Scie Map J) merupakan peer-review journal yang diterbitkan dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan November oleh Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura, Ambon. Scie Map J menerbitkan artikel ...