Science Map Journal
Vol 1 No 1 (2019): Science Map Journal

PENERAPAN METODE INQUIRY DIPADU TRIK TAKTIK WAKTU BERTANYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KONSEP SEL PADA SISWA KELAS VII SMP KARTIKA AMBON

Jeli Samadara (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura)
Jhon F Rehena (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura)
S I A Salmanu (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura)



Article Info

Publish Date
14 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Inquiry dipadu trik taktik waktu bertanya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar konsep sel pada siswa kelas VII SMP Kartika Ambon. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas VII-1di SMP Kartika Ambon. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomtor siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep sel pada siswa sebelum penerapan metode Inquiry dipadu trik taktik waktu bertanya tergolong sangat rendah. Hal ini terlihat dari persentase nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada tes awal yaitu 31% yang termasuk kualifikasi gagal karena tidak mencapai KKM yang ditetapakan yaitu 75. Setelah penerapan metode Inquiry dipadu trik taktik waktu bertanya, hasil tes formatif yang diperoleh siswa menjadi meningkat dengan persentase rata-rata pencapaian yaitu 71,51%. Untuk penilaian kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan melalui hasil kerja LKS dan lembar observasi, dan diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis pada siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sciencemap

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Social Sciences

Description

Science Map Journal (Scie Map J) merupakan peer-review journal yang diterbitkan dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan November oleh Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura, Ambon. Scie Map J menerbitkan artikel ...