Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapat para ahli terhadap media pembelajaran interaktif berbasis HOTS menggunakan aplikasi lectora inspire dan mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif berbasis HOTS menggunakan aplikasi lectora inspire. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D (Four D Models) yang tediri dari tahapan Define, Design, Development, dan Disseminate. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X. Instrumen penilaian yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi serta angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, pendidik dan peserta didik. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian untuk menentukan kualitas produk. Hasil penilaian terhadap media pembelajaran interaktif berbasis HOTS menggunakan aplikasi lectora inspire mendapat kriteria sangat baik oleh dengan hasil penilaian ahli materi sebesar 99%, penilaian ahli media sebesar 94%, respon pendidik sebesar 86% dan respon peserta didik dalam uji coba kelompok kecil sebesar 84% serta uji kelompok besar sebesar 86%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis HOTS menggunakan aplikasi lectora inspire dapat digunakan sebagai media pembelajaran.
Copyrights © 2020