Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
Vol 11, No 1 (2020): April 2020

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Hots Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire

Sri Latifah (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Yuberti Yuberti (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Vina Agestiana (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
16 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapat para ahli terhadap media pembelajaran interaktif berbasis HOTS menggunakan aplikasi lectora inspire dan mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif berbasis HOTS menggunakan aplikasi lectora inspire.   Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D (Four D Models) yang tediri dari tahapan Define, Design, Development, dan Disseminate. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X. Instrumen penilaian yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi serta angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, pendidik dan peserta didik. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian untuk menentukan kualitas produk. Hasil penilaian terhadap media pembelajaran interaktif berbasis HOTS menggunakan aplikasi lectora inspire  mendapat kriteria sangat baik oleh dengan hasil penilaian ahli materi sebesar 99%, penilaian ahli media sebesar 94%, respon pendidik sebesar 86% dan respon peserta didik dalam uji coba kelompok kecil sebesar 84% serta uji kelompok besar sebesar 86%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis HOTS menggunakan aplikasi lectora inspire dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JP2F

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual ...