Saintek Perikanan : Indonesian Journal of Fisheries Science and Technology
Vol 16, No 1 (2020): SAINTEK PERIKANAN

ANALISIS KESESUAIAN PERMINTAAN WISATA DAN PENAWARAN OBJEK WISATA DI TAMAN NASIONAL KEPULAUAN SERIBU (KASUS DI PULAU PRAMUKA), JAKARTA.

Agustina Risqiani (Manajemen Sumberdaya Perairan, Departemen Sumberdaya Akuatik, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro)
Djoko Suprapto (Manajemen Sumberdaya Perairan, Departemen Sumberdaya Akuatik, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro)
Frida Purwanti (Manajemen Sumberdaya Perairan, Departemen Sumberdaya Akuatik, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
01 May 2020

Abstract

Pulau Pramuka sebagai zona pemukiman di Taman Nasional Kepulauan Seribu memiliki keindahan alam yang potensial untuk pengembangan wisata bahari. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi potensi lokal dan menganalisis kesesuaian antara permintaan (demand) wisata dengan penawaran (supply) potensi wisata lokal di Pulau Pramuka. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2019. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis supply-demand. Hasil penelitian menunjukkan potensi wisata yang dimiliki Pulau Pramuka meliputi atraksi wisata alam dan buatan, kuliner dan souvenir khas, aksesibilitas dan transportasi yang mudah, fasilitas lengkap, serta adanya peran dari pemerintah dan masyarat dalam pengembangan pariwisata. Permintaan wisata dengan potensi wisata terjadi ketidaksesuaian disebabkan oleh kurangnya penambahan hewan di penangkaran, penambahan atraksi wisata air dan area bermain bagi wisatawan, tidak tersedianya wisata pada malam hari, peningkatan kenyamanan transportasi, wifi corner, spot foto, kebersihan dan jumlah fasilitas wisata serta kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan daerah wisata Pulau Pramuka. Pulau Pramuka as a zone of housing site in a national park of Kepulauan Seribu having a natural beauty whose potential for the development of maritime tourism. The research objective to identify local potential and analyze the suitability of tourist demand with the supply of local tourism potential on Pulau Pramuka. The research was conducted in February 2019. The data analysis method used in this study was supply-demand analysis. The results showed that the tourism potential of Pulau Pramuka included natural and artificial tourist attractions, unique culinary and souvenirs, accessibility and easy transportation, complete facilities, and the role of the government and society in tourism development. Tourism demand with potential tourism occur some problems due to lack of development of animals in captivity, addition of water tourism and play areas for tourists, unavailability of tourism at night, increased transportation convenience, wifi corner, photo spots, cleanliness and the number of tourist facilities and community awareness in maintain the environment of the Pulau Pramuka tourism area.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

saintek

Publisher

Subject

Education

Description

SAINTEK PERIKANAN (p-ISSN: 1858-4748 dan e-ISSN: 2549-0885) adalah jurnal ilmiah perikanan yang diterbitkan oleh Jurusan Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro. Jurnal ini diterbitkan 2 (dua) kali setahun (Februari dan ...