Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE)
Vol 10 No 1 (2020): Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE)

ANALISIS SKALA KEMAMPUAN MAHASISWA KIMIA MELALUI TES ENTRY BEHAVIOUR METODE COMPUTERIZE ASSISTED TEST (CAT) MENGGUNAKAN ITEM RESPONS THEORY (IRT)

Y Manoppo (Universitas Pattimura, Ambon - Indonesia)
J B Manuhutu (Universitas Pattimura, Ambon - Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Skala Kemampuan Mahasiswa Kimia Melalui Tes Entry Behaviour Metode Computerize Assisted Test (CAT) Menggunakan Item Respons Theory (IRT) Model Logistik 1-Parameter. Subjek penelitian adalah seluruh lembar jawaban peserta Tes Entry Behaviour Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan ex-post facto. Hasil analisis dengan pendekatan teori tes klasik menunjukkan 79,5% butir memiliki tingkat kesulitan butir berfungsi baik, 57% butir daya bedanya belum memenuhi syarat, dan 72% butir memiliki pengecoh berfungsi baik dengan indeks reliabilitas tes 0,832. Analisis dengan pendekatan teori respons butir menunjukkan terdapat 11 (27,5%) butir soal cocok (fit) dengan model, fungsi informasi maksimum 5,48 pada θ = -0,21, dan besarnya kesalahan pengukuran (SEM) 0,21.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mjoce

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE) merupakan jurnal ilmiah berkala dengan ciri khas/identitas Kimia dari Maluku, seperti: minyak atsiri, produk dan pangan laut, pendidikan kimia yang berkarakter kelautan dan kepulauan, dll. Jurnal ini berisi tulisan ilmiah tentang bidang kimia yang ...