Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar peserta didik pada Konsep Ikatan Kimia melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) pada peserta didik Kelas X MIA SMA N.3 Leihitu. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA yang berjumlah 25 orang dengan teknik sampling jenuh. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini dalah tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Dari hasil analisa data diperoleh menunjukan hasil belajar peserta didik kelas X MIA telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu pada aspek kognif, afektif, psikomotor dengan nilai akhir yang diperoleh adalah kualifikasi sangat baik 8 peserta didik (32%), kualifikasi baik 13 peserta didik (52%), dan kualifikasi cukup 4 peserta didik (16%). Data pencapaian N-gain yang diperoleh yaitu 21 peserta didik (84%) mencapai kategori N-gain tinggi dan 4 Peserta didik (16%) mencapai kategori N-gain sedang, dengan kriteria pencapaian N-gain yang diperoleh adalah 0,74. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terbukti mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada konsep ikatan kimia kelas X MIA SMA Negeri 3 Leihitu.
Copyrights © 2020