Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE)
Vol 10 No 1 (2020): Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE)

PENERAPAN MEDIA VCD (VIDEO COMPACT DISC) INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KONSEP LAJU REAKSI DI KELAS XI SMA NEGERI 3 LEIHITU

N. S. B Mamang (Universitas Pattimura, Ambon - Indonesia)
Sunarti - (Universitas Pattimura, Ambon - Indonesia)
F A Hamid (Universitas Pattimura, Ambon - Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2020

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan menggunakan media VCD (Video Compact Disc) interaktif pada konsep laju reaksi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 3 Leihitu. Pengumpulan data dilakukan melalui tes menggunakan lembar tes awal dan akhir serta observasi menggunakan lembar pengamatan afektif dan psikomotor. Hasil penelitian menunjukan bahwa seluruh siswa dapat mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor dengan nilai akhir yang diperoleh adalah kualifikasi sangat baik 9 siswa (34,62%), kualifikasi baik 13 siswa (50%) dan kualifikasi cukup 4 siswa (15,38%). Data pencapaian N-gain yang diperoleh yaitu 25 siswa (96,15%) mencapai kategori N-gain tinggi dan 1 siswa (3,85%) mencapai N-gain sedang, data pencapaian dengan kriteria N-gain yang diperoleh adalah 0,84. Dengan demikian penerapan media VCD interaktif dinyatakan berhasil meningkatkan hasil belajar siswa konsep laju reaksi di kelas XI SMA Negeri 3 Leihitu.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mjoce

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE) merupakan jurnal ilmiah berkala dengan ciri khas/identitas Kimia dari Maluku, seperti: minyak atsiri, produk dan pangan laut, pendidikan kimia yang berkarakter kelautan dan kepulauan, dll. Jurnal ini berisi tulisan ilmiah tentang bidang kimia yang ...