Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE)
Vol 10 No 1 (2020): Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT LEARNING) PADA KONSEP STRUKTUR ATOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MAN 1 AMBON

Nur Gaib Karepesina (Universitas Pattimura, Ambon - Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2020

Abstract

Model pembelajaran langsung adalah salah satu model pembelajaran model pembelajaran yang menekankan pada penguasaan konsep dan/atau perubahan perilaku dengan mengutamakan pendekatan deduktif. Model pembelajaran langsung digunakan pada konsep struktur atom untuk melihat apakah penerapannya dapat meningkatkan penguasaan hasil belajar siswa kelas X MAN 1 Ambon. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober - November 2015, dengan menggunakan tipe penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa mencapai 45,8 % dan dikategorikan cukup pada pertemuan I dan 100% pada pertemuan II dengan kategori sangat baik. Selain itu, kemampuan afektif dan psikomotor siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran langsung dinyatakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mjoce

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE) merupakan jurnal ilmiah berkala dengan ciri khas/identitas Kimia dari Maluku, seperti: minyak atsiri, produk dan pangan laut, pendidikan kimia yang berkarakter kelautan dan kepulauan, dll. Jurnal ini berisi tulisan ilmiah tentang bidang kimia yang ...