JPIn : Jurnal Pendidik Indonesia
Vol 3, No 1: April 2020

Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Metode FIELD TRIP Pada Peserta Didik Kelas V SDN 1 Dopang

Siti Zaenab (SDN 1 Dopang, Mataram)
Nursina Sari (PGSD, Universitas Muhammadiyah Mataram)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

Pembelajaran menulis karangan deskripsi dianggap sulit oleh peserta didik kelas V di SDN 1 Dopang karena untuk menulis dibutuhkan pemahaman yang baik. Hal ini terukur dari kegiatan peserta didik yang tidak bersemangat dan pasif selama pembelajaran sehingga nilai KKM yang diperoleh rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan peserta didik melalui penerapan metode field trip. Penelitian ini merupakam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengacu pada desain Kemmis dan Mc Taggart yang memiliki 4 tahapan: (a) persiapan, (b) Pelaksanaan, (c) Observasi, dan (d) refleksi.Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode field trip dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi peserta didik yang di tinjau dari hasil ketuntasan belajar pada siklus I dan siklus II yaitu dari jumlah 21 orang peserta didik yang tuntas meningkat menjadi 28 orang peserta didik, dengan peningkatan nilai persentase peserta didik yang tuntas sebesar 70% menjadi 93%. Adapun keterlaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 89,28%, dan siklus II sebesar 96.42% dengan kriteria sangat baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPIn

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) mempublikasikan artikel kajian teori atau penelitian terkait dengan Pendidikan. JPIn menerima publikasi dari guru-guru (PAUD, SD, SMP, SMA), Dosen, serta dari pemerhati dan peneliti ...