Syntax Jurnal Informatika
Vol 9 No 1: Mei 2020

Data Mining Pengelompokan Bidang Keahlian Mahasiswa Menggunakan Algoritma K-Means (Studi Kasus : Universitas Cic Cirebon)

Chairun Nas (Universitas Catur Insan Cendekia)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2020

Abstract

Abstrak. Pada proses perkuliahan, setiap mahasiswa mengikuti semua matakuliah yang telah disediakan oleh pihak kampus. Dari seluruh matakuliah yang ada, beberapa matakuliah membentuk keahlian mahasiswa, seperti keahlian programing, database atau networking. Namun dikarenakan mahasiswa harus mengikuti seluruh proses pembelajaran tersebut, maka mahasiswa sulit mengetahui keahlian apa yang perlu mereka fokuskan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengelompokkan mahasiswa, agar mahasiswa tahu keahlian apa yang perlu mereka tingkatkan atau kembangkan. Dalam penelitian ini dilakukan pengolahan data nilai-nilai matakuliah yang membentuk keahlian mahasiswa, diambil dari mahasiswa semester 5. Data akan di uji dengan menggunakan proses Data Mining dengan algoritma K-Means. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, diperoleh pengelompokan mahasiswa berdasarkan keahliannya dengan jumlah iterasi sebanyak 3 kali iterasi. Selanjutnya dari pengujian tersebut, dilakukan pengujian juga dengan menggunakan aplikasi Tanagra, dimana dihasilkan jumlah iterasi dan jumlah anggota kelompok dalam cluster adalah sama, dengan akurasi sebesar 80%. Maka penggunaan Datamining dengan algoritma K-Means mampu mengelompokkan mahasiswa berdasarkan keahliannya.Kata kunci:Data mining, Clustering, K-Means, Keahlian.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

syntax

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Syntax Jurnal Informatika berfokus pada Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Kompilasi, Perancangan Basis Data, Data Mining, Teknologi Web Services, Business Intelligent, Kecerdasan Buatan, Logika Fuzzy, Computer Vision, Embedded System, Robotika, Sistem Pakar, Machine Learning, E-Commerce, Digital dan ...