Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Vol 12, No 1 (2020): JURNAL ARABIA

Program Arabic Club dalam Meningkatkan Komunikasi-Produktif Bahasa Arab Santri MTs Qudsiyah Putri

Ihsan, Ihsan (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 May 2020

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam penguasaan komunikasi-poduktif bahasa Arab melalui program Arabic Club. Disamping itu juga untuk mengetahui penerapan program Arabic Club serta faktor perdukung dan penghambatnya. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini peneliti sebagai human instrument berfungsi untuk menetapkan fokus penelitian, memilih informan sebagai sumber data, melakukan pengumpulan data, meneliti kualitas data, analisis data, menafsirkan data dan membuat kesimpulan. Hasil yang di dapat dari penelitian ini adalah sebagai berikut; 1) adanya peningkatan kemampuan komunikasi-produktif bahasa siswa pada pembelajaran bahasa Arab. Kemampuan ini muncul sebab siswa merasa percaya diri dan termotivasi untuk belajar bahasa Arab di kelas formal setelah mengikuti program Arabic Club, 2) program ini dilaksanakan dengan prinsip belajar yang mudah dan menyenangkan tetapi tetap mengutamankan tujuan pembelajaran atau bisa disebut pembelajaran yang efektif, 3) faktor pendukung bersifat internal dari siswa dan ekternal, sedang penghambat yang ditemukan bersifat eksternal siswa.

Copyrights © 2020