Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Vol 12, No 1 (2020): JURNAL ARABIA

Fa'āliyyah Istirātijiyyah at-Ta'līm at-Ta'āwunī bi-Istikhdām Uslūb Irsāl ar-Risālah wa Ilqā` al-`As`ilah fī Ta'īm al-Lughah al-'Arabiyyah li Tarqiyyati Mahārah al-Qirā`ah

Annas, Azwar (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 May 2020

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah sebagai berikut: 1) untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran Cooperative Learning dengan Teknik Berkirim Salam dan Soal pada Pembelajaran Bahasa Arab dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca, 2) untuk mengetahui efektifitas penerapan strategi pembelajaran Cooperative Learning dengan Teknik Berkirim Salam dan Soal pada Pembelajaran Bahasa Arab dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca, 3) untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari penerapan strategi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus deskriptif melalui jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti ialah melalui teknik wawancara dan observasi langsung dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan empat teknik analisis data yaitu: Pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan atau verifikasi. Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) penerapan strategi pembelajaran ini dengan membagi 3 tingkatan, yaitu tingkat persiapan; tingkat proses; tingkat penutup. Pembelajar ini memberikan kesempatan siswa untuk melatih keterampilan, 2) Penerapan strategi ini dikatan efektif. Sebelum penggunaan strategi ini 12 dari 32 siswa mendapat nilai di bawah KKM. Sedangkng setelah penerapan strategi sebanyak 3 siswa belum melampui nilai KKM.  Keefektifan ini dibuktikan dengan jumlah siswa 32 sedangkang 29 siswa sudah melampui nilai KKM yaitu 65  disebut dengan “tuntas”. Dan sebanyak 3 siswa mendapat nilai kurang dari KKM 65 dikatan “belum tuntas”. 3) kelebihan dan kekurangan dari penerapan starategi ini. Kelebihan: melatih siswa untuk saling membantu yang lain dalam belajar dengan memberikan kesempatan yang lebih untuk saling berdiskusi tentang permasalahan, dan penerapan strategi ini memberikan kesempatan kepada siswa dalam menggunakan keterampilan bertanya dan membahas. Strategi ini sebagai alat untuk meningkatkan motivasi siswa untuk membaca soal yang wajib dia kerjakan. Kelemahan: keberhasilan strategi ini tergantung pada kemampuan kepemimpinan kelompok atau hasil kerja indifidu, dan kegiatan saling membantu ini menghabiskan waktu dalam pembelajaran karena harus mengatur tempat pembelajaran.

Copyrights © 2020