Majalah Ilmiah Dian Ilmu
Vol 11, No 2 (2012): MAJALAH ILMIAH "DIAN ILMU" APRIL 2012

ANALISIS PERBANDINGAN PERSEPSI KONSUMEN MINIMARKET INDOMARET DENGAN ALFAMART DI PASAR JENGGAWAH KECAMATAN JENGGAWAH KABUPATEN JEMBER

Ida Mustikawati (STIA Pembangunan Jember)
Dody Prihatin Setia Budi (Unknown)
Siti Salisatul Khoiriyatun Nisak (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2018

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah perbedaan persepsi konsumen Indomaret dan Alfamart yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dan untuk mengetahui seberapa besar tingkat perbandingan persepsi konsumen Indomaret dan Alfamart di Pasar Jenggawah Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember.Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian kuantitatif.  Lokasi penelitian yaitu di Alfamart dan Indomaret Cabang Jenggawah II yang berlokasi di pasar Jenggawah Kabupaten Jember. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan adalah seluruh pelanggan Alfamart dan Indomaret yang melakukan sebuah transaksi pada bulan Juli-Desember 2010 yaitu sebanyak 12.775. Sedangkan untuk jumlah sampelnya peneliti menetapkan sebanyak 100 orang responden yang dipilih berdasar accidental sampling. Analisis data menggunakan dua metode pendekatan yaitu Analisis Deskriptif Kuantitatif menggunakan Rank Spearman, sedangkan untuk pembuktian hipotesis dilakukan dengan t-test dengan menggunakan alat bantu hitung statistik yaitu spss 16 for windows.Hasil perhitungan menunjukkan adanya perbedaan persepsi konsumen Indomaret dengan persepsi konsumen Alfamart pada indikator lokasi, pelayanan, kelengkapan produk yang ditawarkan, promosi dan harga. Besarnya perbedaan persepsi konsumen Indomaret dengan persepsi konsumen Alfamart adalah sebesar 0,621.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

dianilmu

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Environmental Science Social Sciences

Description

The "DIAN ILMU" Scientific Magazine is a journal that publishes the results of empirical research that is updated with up-to-date references and contributes to the development of scientific fields in Business Administration and Public Administration. The Editorial Team invited the writings of ...