Range : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 1 No 1 (2019): RANGE Juli 2019

EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA UEM LE’U INSANA DALAM KAITANNYA DENGAN KONSEP GEOMETRI

Funan, Fransiskus Xaverius (Unknown)
Mamoh, Oktovianus (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2019

Abstract

Penelitian kualitatif ini dengan pendekatan etnografi bertujuan untuk mengeksplorasi konsep-konsep matematika yang ada pada bentuk dan struktur uem le’u. Penelitian dilaksanakan di Desa Letneo Selatan, Kecamatan Insana Barat, Kabupaten Timor Tengah Utara pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian adalah informan yang terdiri dari kepala suku dan masyarakat. Instrumen penelitian berupa human instrument, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah ditemukan konsep-konsep geometri sebagai pola dalam membuat bangunan uem le’u. Konsep geometri yang terkandung dalam bentuk dan struktur uem le’u adalah titik, garis, sudut, bangun datar dan bangun ruang. Hal ini menunjukkan bahwa matematika tumbuh dan berkembang dalam keteraturan adat masyarakat tertentu yang disebut dengan istilah etnomatematika.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Range: Jurnal Pendidikan Matematika publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in mathematics education study program on current science issues, namely: (1) Mathematics educator in elementary, secondary and high school level, (2) Mathematics observers and ...