Optika : Jurnal Pendidikan Fisika
Vol. 1 No. 1 (2017): Jurnal Dinamika Sains

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN SOFTWARE VISUAL ANALYZER (VA) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

YASINTA EMBU IKA (Universitas Flores)
MADLAZIM (Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya)
MUSLIMIN IBRAHIM (Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran inkuiriterbimbing menggunakan software visual analyzer (VA) pada materi interferensigelombang bunyi untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa SMA.Pengembangan pembelajaran menggunakan model 4-D tetapi hanya sampai padatahap pengembangan (develop) karena hasil pengembangannya diterapkan terbataspada sekolah tempat penelitian dan diujicobakan di kelas XII IPA SMA SantaMaria Surabaya semester ganjil tahun ajaran 2014/2015, dengan jumlah siswasebanyak 20 orang menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Perangkatpembelajaran yang dikembangkan terdiri dari RPP, LKS, BAS dan tes hasil belajaryang meliputi aspek pengetahuan, keterampilan proses dan sikap. Temuanpenelitian yaitu: perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkategori valid, teshasil belajar berkategori baik, keterlaksanaan RPP dalam pembelajaranberkategori baik, respon siswa terhadap pembelajaran menunjukkan respon positif,aktivitas siswa berkategori baik, semua siswa mencapai ketuntasan hasil belajardengan skor peningkatan (normal-gain) sedang, dan hambatan dalam pembelajaraninkuiri terbimbing adalah kurangnya pemahaman siswa dalam merumuskanmasalah, merumuskan hipotesis dan menentukan variabel percobaan. Berdasarkanhasil analisis data dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran inkuiriterbimbing menggunakan software VA untuk melatihkan keterampilan proses sainssiswa SMA pada materi interferensi bunyi layak digunakan dalam pembelajaran

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

optika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

OPTIKA adalah jurnal yang mengkomunikasikan kemajuan ilmiah di bidang pendidikan fisika dan ilmu fisika. OPTIKA juga melaporkan temuan baru yang signifikan terkait dengan pendidikan sains (IPA) pada tingkat dasar dan menengah, termasuk: pengembangan media pembelajaran, pengembangan metode ...