Optika : Jurnal Pendidikan Fisika
Vol. 3 No. 2 (2019): OPTIKA

MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMPN MAUTENDA

Rosalia Bunga (Universitas Flores)
Adrianus Nasar (Universitas Flores)
Ilyas (Universitas Flores)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran make a match dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada materi pemuaian zat untuk siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri Mautenda tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yang dianalisis secara kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu teknik tes untuk melihat hasil belajar dan teknik dokumentasi sebagai data pendukung. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes objektif dengan empat alternatif pilihan jawaban. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung = 9,236 lebih besar dari ttabel = 1,725. Dengan demikian hipotesis kerja diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar pada materi pemuaian zat siswa kelas VIII semester 2 Sekolah Menengah Pertama Negeri Mautenda tahun pelajaran 2017/2018, minimal mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 65.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

optika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

OPTIKA adalah jurnal yang mengkomunikasikan kemajuan ilmiah di bidang pendidikan fisika dan ilmu fisika. OPTIKA juga melaporkan temuan baru yang signifikan terkait dengan pendidikan sains (IPA) pada tingkat dasar dan menengah, termasuk: pengembangan media pembelajaran, pengembangan metode ...