Optika : Jurnal Pendidikan Fisika
Vol. 4 No. 1 (2020): OPTIKA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KREATIVITAS SAINS SISWA KELAS VIII SMP SWASTA ILEBURA LEWOTOBI

Aloisius Harso (Universitas Flores)
Karolus K. Kwure (Universitas Flores)
Yasinta Embu Ika (Universitas Flores)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni untuk menganalisis peningkatan kreativitas Sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dengan desain penelitian One Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPS Ilebura Lewotobi yang berjumlah 20 orang dan sampel yang diambil sebanyak 20 orang siswa. Teknik pengambilan sampel tersebut menggunakan purposive sampling. Data yang diperoleh dari sampel penelitian tersebut adalah berupa nilai kreativitas sains pada pokok bahasan tekanan. Uji statistik yang digunakan adalah uji t satu sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas Sains siswa setelah menggunakan model pembelajaran generatif (thitung= 2,577, p > 0,05) Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran generatif mampu meningkatkan Kreativitas sains siswa di SMP

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

optika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

OPTIKA adalah jurnal yang mengkomunikasikan kemajuan ilmiah di bidang pendidikan fisika dan ilmu fisika. OPTIKA juga melaporkan temuan baru yang signifikan terkait dengan pendidikan sains (IPA) pada tingkat dasar dan menengah, termasuk: pengembangan media pembelajaran, pengembangan metode ...