Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran
Vol 2, No 2 (2019)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT DENGAN MEDIA POP UP TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS IV TEMA 6 CITA-CITAKU SUBTEMA 3

Rusmiati, Ririn (Unknown)
Nugroho, Ary Susatyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2019

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh untuk meningkatkan hasil belajar tema 6 subtema 3 atau tidaknya model pembelajaran TGT dengan media Pop Up . Penelitian ini merupakan penelitian True Experimental Design jenis kuantitatif. Penelitian ini menggunakan Posttest-only Control  Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IVA dan IVB SD Kusuma Bhakti Semarang  berjumlah 35 siswa tahun ajaran 2018/2019. Intrumen yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis Data menggunakan Teknis analisis data peneliti menggunakan uji normalitas dan uji himogenitas, (uji-t). Uji normalitas digunakan untuk mengetahui kelas tersebut berdistribusi normal atau tidak. Uji homogenitas digunakan untuk mengetahui apakah varians homogen apa tidaknya. Uji t-test digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pemeblajaran TGT dengan media Pop Up dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV tema 6 subtema 3 pembelajaran 1-3. Hal ini dapat dilihat Hal tersebut dilihat dari hasil perhitungan uji-t dengan taraf signifikan = 5% Dengan menggunakan uji-t dua pihak didapatkan nilai sebesar 3,038  denga =  1,995   Karena > yaitu 1,995 >  3,038    Dengan demikian ditolak dan  diterima. Artinya ada perbedaan hasil belajar antara pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran TGT  dengan media Pop Up dengan model pembelajaran konvensional pada tema 6 subtema 3 pembelajaran 1-3.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JP2

Publisher

Subject

Education Other

Description

JURNAL PEDAGOGI DAN PEMBELAJARAN aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...