Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran
Vol 3, No 1 (2020)

“Yutu Gisel” Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Sel

Sunaya, I Gusti Putu (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2020

Abstract

Yutu Gisel adalah akronim dari  ”Youtube Biologi Sel.com”  yang merupakan strategi pemecahan masalah guru dengan menggunakan  media pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas  dan hasil belajar  biologi tentang ”Sel” siswa Kelas XI-MIPA di SMA Negeri 1 Kuta Selatan. Youtobe Biologi Sel.com sebagai media pembelajaran Biologi Sel di kelas XI dengan materi pokok biologi sel; 1) komponen kimiawi penyusun sel, 2) struktur dan fungsi bagian-bagian sel, 3) kegiatan sel sebagai unit struktural dan fungsional makhluk hidup, 4) tranpor membrane, 5) sintesis protein untuk menyusun sifat morfologis dan fisiologis sel, dan 6) reproduksi sel sebagai kegiatan untuk membentuk morfologi tubuh dan memperbanyak tubuh. Data hasil penelitian berupa  data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar/ulangan formatif, sedang aktivitas belajar siswa  dikumpulkan dengan blanko observasi  tipe likert skala lima, dengan masing-masing kriteria penilaian : sangat aktif, aktif, cukup aktif,  kurang aktif , sangat kurang aktif dengan dianalisis secara deskriptif. Dengan penggunaan media Youtobe Biologi Sel.com dapat ditemukan bahwa kombinasi  Yout.com dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada Pelajaran Biologi Sel Siswa Kelas XI MIPA Semester I SMA Negeri 1 Kuta Selatan sejak Tahun Pelajaran 2017/2018 sampai dengan Tahun Pelajaran 2019/2020.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JP2

Publisher

Subject

Education Other

Description

JURNAL PEDAGOGI DAN PEMBELAJARAN aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...