Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran
Vol 3, No 2 (2020)

Model Discovery Learning Berbasis Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar IPA

Paramita, A. A. Ega Paramita (Unknown)
Rati, Ni Wayan (Unknown)
Sudatha, I Gde Wawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2020

Abstract

Pembelajaran IPA saat ini dapat dikatakan kurang efektif. Hal tersebut dikarenakan belum maksimalnya penerapan model pembelajaran inovatif yang dapat merangsang siswa aktif dalam proses pembelajaran, sehingga hal tersebut akan berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti model discovery learning berbasis outdoor study dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 178 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel 47 siswa. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan metode tes yaitu dengan tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar IPA di kelas eksperimen 77,8 termasuk kategori sangat tinggi dan di kelas kontrol 49,75 termasuk kategori sedang. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa thitung sebesar 41,11 dan ttabel dengan dk = 45pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,01. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa model discovery learning berbasis outdoor study memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA. Dengan adanya model discovery learning berbasis outdoor study dapat dijadikan sebagai pedoman atau acuan guru dalam merancang proses pembelajaran khususnya dalam pembelajaran IPA.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JP2

Publisher

Subject

Education Other

Description

JURNAL PEDAGOGI DAN PEMBELAJARAN aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...