MAGISTRA: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol 7 No 1 (2020): Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Pendekatan Saintifik dengan Metode Demonstrasi

Syamsul Bahri (Universitas Musamus)
Diana c Rioly (SMK Negeri 1 Tanah Miring)
Hanna Kurniawati (SMK Negeri 1 Tanah Miring)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Tanah Miring menggunakan pendekatan ilmiah. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMK Negeri 1 Tanah Miring pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 25 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus yang terdiri dari empat kegiatan utama, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi yang masing-masing dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Pengumpulan data hasil belajar dilakukan dengan tes akhir belajar pada setiap akhir siklus. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis kuantitatif data hasil belajar fisika menunjukkan bahwa jumlah peserta didik yang tergolong tuntas belajarnya pada siklus I hanya mencapai 52,6% dan pada siklus II baru mencapai 65,1%. Hasil ini menunjukkan terjadinya peningkatan sebesar 12,5%. Hasil analisis kualitatif menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran fisika melalui pendekatan ilmiah di dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika melalui pendekatan ilmiah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2020