Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol 6 No 1 (2020): Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Strategi Guru Kelas Tinggi Sekolah Dasar dalam Menumbuhkan Disiplin Siswa melalui Manajemen Kelas

Yantoro Yantoro (Universitas Jambi)
Issaura Sherly Pamela (Universitas Jambi)
Eka Purwati (Unknown)
Erni Ismaini (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2020

Abstract

Tujuan penelitian mendeskripsikan tentang manajemen kelas tinggi di Sekolah Dasar dalam implementasi pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif fenomenologi. Subjek penelitian adalah guru kelas tinggi sekolah dasar negeri 76/IX Mendalo, Muaro Jambi sebanyak 3 orang. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian berupa teks tentang manajemen kelas dalam pembelajaran tematik sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukan guru kelas tinggi SD Negeri 76/IX Mendalo, Muaro Jambi memiliki kemampuan manajemen kelas dengan katagori baik. Pembelajaran tematik diimplementasikan melalui manajemen kelas yang baik. Tiga komponen manajemen kelas terpenuhi, yaitu: manajemen fisik, sosio-emosional, dan organsasional. Kesimpulan penelitian adalah dalam implementasi pembelajaran tematik hal yang perlu diperhatikan adalah manajemen kelas. Guru kelas tinggi SD Negeri 76/IX Mendalo, Muaro Jambi memperhatikan manajemen kelas dalam implementasi pembelajaran tematik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

ournal published by the department of Madrasah Ibtidaiyah (Elementary School) Teacher Education, Faculty of Tarbiya and Teachers Training, State Islamic Institute Metro, Lampung. This is a biannually published journal. It is dedicated for experts, lecturers, teachers, practitioners and researchers ...