Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Vol 7, No 1 (2020): SOSIAL HORIZON: JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL

CRITICAL THINKING DAN PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENJAWAB TANTANGAN ABAD 21

Indraswati, Dyah (Unknown)
Marhayani, Dina Anika (Unknown)
Sutisna, Deni (Unknown)
Widodo, Arif (Unknown)
Maulyda, Mohammad Archi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2020

Abstract

Artikel ini bertujuan mengkaji pentingnya critical thinking dan problem solving dalam pembelajaran IPS untuk menjawab tantangan abad 21. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. 4 keterampilan abad 21 yaitu: communication, collaboration, critical thinking and problem solving, serta creativity and innovation. Tujuan pembelajaran IPS adalah mengembangkan potensi peserta didik agar terampil mengatasi masalah sosial. Pembelajaran IPS pada abad 21 harus integrative, holistic, saintifik, konstektual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada siswa. Pentingnya critical thinking dan Problem Solving dalam pembelajaran IPS adalah agar peserta didik dapat merangsang, menganalisis, dan melakukan sintesis tepat dimana masalah itu berada, atas inisiatif sendiri.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

sosial

Publisher

Subject

Arts Humanities Social Sciences

Description

Jurnal ini berisi tentang kajian-kajian hasil pemikiran ataupun hasil penelitian Pendidikan Sosial. ...