Jurnal Manajemen
Vol 6, No 1 (2020)

ANALISIS STUDI KELAYAKAN PEMBENTUKAN LEMBAGA PENERBIT (UMT PRESS) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG

Desri Arwen (Pol)
Zalzulifa Zalzulifa (Politeknik Negeri Media Kreatif)
Nasaruddin Nasaruddin (Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pancakarya Tangerang)
Sukwan Hanafi (Afiliasi Penerbit Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiah (APPTIMA))



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

AbstrakTujuan penelitian yaitu untuk menganalisis kelayakan faktor pendukung dalam pembentukan lembaga penerbit (UMT Press). Jenis penelitian yang digunakan yaitu survey dengan metode kuantitatif. Sampel pada penelitian ini diperoleh dari 26 orang dosen yang diambil dengan menggunakan pendekatan purposive sampling atau pengambilan sampel secara sengaja yang mewakili 8 program studi, mereka dianggap memiliki pengetahuan lebih tentang masalah yang ditelitiUntuk metode analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis SWOT. Instrument pengumpulan data dengan angket tertutup dan terbuka. Hasil analisis SWOT diperoleh pada faktor internal meliputi aspek kekuatan dan kesempatan dalam pembentukan lembaga penerbit (UMT Press) dalam kategori kuat dan aspek kelemahan dan ancaman (faktor internal) dapat diminimalisir dengan gabungan aspek kekuatan dan kesempatan.Kata Kunci: SWOT, Faktor Internal, Faktor Eksternal, Lembaga Penerbit.AbstractThe research objective is to analyze the feasibility of supporting factors in forming a publishing agency (UMT Press). This type of research is a survey with quantitative methods. The sample in this study was obtained from 26 lecturers using a purposive sampling approach representing 8 study programs. The Data collected with a closed and open questionnaire. SWOT analysis results obtained on internal factors include aspects of strengths and opportunities in the formation of a publishing agency (UMT Press) in the sharp category. The study reveals that weaknesses and threats issues can be minimized with the combination of strengths and opportunities.Keywords: SWOT, Internal Factors, External Factors, Issuing Institutions.

Copyrights © 2020