Jurnal Teknik Industri : Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri
Vol 6, No 1 (2020): JUNI 2020

PENDEKATAN LEAN SERVICES UNTUK PERBAIKAN PELAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK PERGURUAN TINGGI

Wresni Anggraini (FST-UIN SUSKA Riau)
Ismu Kusumanto (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Ekie Gilang Permata (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Melfa Yola (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2020

Abstract

Hasil voice of customer pada salah satu universitas terdapat enam jenis waste pada pelayanan pengurusan surat mahasiswa yaitu duplication, delay, lost opportunity to retain or win customers, unclear communication, Movement dan Error in the service transaction . Pemborosan ini menyebabkan banyaknya keluhan mahasiswa terhadap proses pelayanan, sehingga  tingkat Process Cycle Efficiency  saat ini sebesar 0.16%. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi pemborosan dengan menggunakan pendekatan lean services. Pendekatan lean services dengan menggunakan value stream mapping dapat mengidentifikasi nonvalue added activities dan wastes yang paling berpengaruh pada proses pelayanan. Keterkaitan antara satu waste dengan waste yang lain diidentifikasi dengan Waste Relationship Matrix (WRM). Hasil penelitian ini dapat mereduksi waste adalah sebesar 1.24%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jti

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering Environmental Science Industrial & Manufacturing Engineering

Description

(ISSN : 2460-898X) JTI merupakan jurnal akademik yang dipublikasikan 2 kali setahun, meliputi bulan Juni dan Desember. Tujuan jurnal ini menyediakan tulisan yang memiliki yang fokus pada bidang Teknik Industri. lebih lanjut jurnal ini dipulikasikan oleh Jurusan Teknik Industri Fakultas Sains dan ...