Pedagogi : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 6, No 2 (2019)

KEEFEKTIFAN MEDIA KOIN BILANGAN DAN GARIS BILANGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK

Awal Nur Kholifatur Rosyidah (Prodi PGSD, FKIP, Universitas Mataram)
Hartono Hartono (Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keefektifan pembelajaran menggunakan media koin bilangan dengan pendekatan PMRI; 2) keefektifan pembelajaran menggunakan media garis bilangan dengan pendekatan PMRI; 3) manakah yang lebih efektif antara kedua media pembelajaran ditinjau dari prestasi belajar dan tanggung jawab terhadap matematika siswa kelas V SD di gugus II Sleman. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh kelas V SD di gugus II Sleman. Sampel penelitian ditentukan secara acak, terpilih siswa kelas V SDN Caturharjo dan siswa kelas VB SDN Keceme 1. Uji beda menggunakan MANOVA. Pengujian keefektifan pembelajaran menggunakan uji  satu populasi dan one sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran menggunakan media koin bilangan dengan pendekatan PMRI efektif ditinjau dari prestasi belajar dan tanggung jawab terhadap matematika; 2) pembelajaran menggunakan media garis bilangan dengan pendekatan PMRI efektif ditinjau dari prestasi belajar dan tanggung jawab terhadap matematika; 3) pembelajaran matematika menggunakan media koin bilangan dengan pendekatan PMRI lebih efektif dibandingkan media garis bilangan ditinjau dari prestasi belajar matematika. Namun, sama efektifnya ditinjau dari tanggung jawab terhadap matematika. Penggunaan koin bilangan dan garis bilangan dapat dijadikan sebagai jembatan dari masalah real ke dalam matematika formal, sehingga memberikan dampak positif terhadap pencapaian prestasi belajar.Kata Kunci: koin bilangan, garis bilangan, PMRI, prestasi belajar, tanggung jawab

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan (P-ISSN 2407-4837, E-ISSN 2614-1728) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan (PGSD FKIP UNIKU), Indonesia. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun (Mei & ...