Pedagogi : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 6, No 1 (2019)

UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA KELAS II SDN UNGGULAN MELALUI METODE FULL INCLUSION

Aisah Aisah (SD N Unggulan Kuningan)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2020

Abstract

Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dengan metode Inklusi Penuh (Full Inclusion) dalam mata pelajaran Matematika Kelas II SD N Unggulan Kuningan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak 2 siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, serta revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas II A. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif dan hasil observasi kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan rata-rata nilai dari siklus 1 sampai siklus 2 yaitu, siklus 1 adalah 66 %, dan siklus 2 adalah 95 %. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa ABK, ditemukan bahwa semua siswa ABK mengalami peningkatan hasil belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pemakaian metode pembelajaran Full Inclusion memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan minat belajar siswa ABK.Kata Kunci: Full Inclusion, ABK, Minat Belajar, Hasil Belajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan (P-ISSN 2407-4837, E-ISSN 2614-1728) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan (PGSD FKIP UNIKU), Indonesia. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun (Mei & ...