JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN (JMMP)


MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS KEISLAMAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU MIFTAHUL JANNAH

Yesica Novariza (Unknown)
Bujang Rahman (Unknown)
Riswanti Rini (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2015

Abstract

This study aimed to describe: 1) planning of Islamic-based curriculum, 2) process of implementation of the curriculum, 3) learning evaluation, and 4) community participation in integrated Islamic Junior High School (SMP IT) Miftahul Jannah Bandar Lampung. This study used a qualitative research design, through intensive observation in normal circumstances (natural setting). Data were collected using interviews, observation and documentation. The collected data were then analyzed using inductive-conceptualism technique. The results of this study are: 1) the planning of the used curriculum integration, namely the national curriculum and Islamic-based curriculum, 2) the implementation of the curriculum was integration of subject matters with Islamic values, 3) the evaluation system consisted of authentic assessment, self-assessment, daily tests, midterm tests, semester tests, school exam, and national exam, and 4) community participation was in the forms of suggestions for improvement in the learning process in the school.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) perencanaan kurikulum berbasis Islam, 2) proses pelaksanaan kurikulum, 3) evaluasi pembelajaran, dan 4) partisipasi masyarakat dalam terpadu SMP Sekolah Tinggi Agama Islam (SMP IT) Miftahul Jannah Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif, melalui pengamatan intensif dalam keadaan normal (pengaturan alam). Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik induktif-konseptualisasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) perencanaan integrasi kurikulum yang digunakan, yaitu kurikulum nasional dan kurikulum berbasis Islam, 2) pelaksanaan kurikulum adalah integrasi materi dengan nilai-nilai Islam, 3) sistem evaluasi terdiri dari penilaian autentik, self-assessment, ulangan harian, ulangan tengah semester, tes semester, ujian sekolah, dan ujian nasional, dan 4) partisipasi masyarakat adalah dalam bentuk saran untuk perbaikan dalam proses pembelajaran di sekolah.Kata kunci: kurikulum, manajemen sekolah, sekolah islam terpadu

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

JMMP

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Environmental Science

Description

Focus and Scope . Assessment dan evaluasi pembelajaran Manajemen Teknologi dan Inovasi pembelajaran Pembelajaran berbasis HOT Pembelajaran berbasis inkusif Manajemen pembelajaran terpadu Manajemen pendekatan Ilmiah termasuk metode ilmiah sebagai metode yang sedang berlangsung; Blended ...