Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam
Vol 16, No 2 (2019)

Studi Penelusuran Alumni dan Respons Stakeholders Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Unisnu Jepara Tahun 2015

Ahmad Saefudin (Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara)
Nusrotus Sa’idah (Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara)
Santi Andriyani (Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2020

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menjawab keterserapan lulusan jurusan PAI FTIK UNISNU Jepara tahun 2015 dalam dunia kerja, relevansi kurikulum, dan respons stakeholder (pengguna lulusan) terhadap alumni PAI FTIK Unisnu Jepara. Penelitian ini bersifat deskriptif evaluatif dengan pendekatan survey.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui sistem online (website), pemberitahuan by phone, dan penyebaran angket oleh volunteers kepada alumni prodi PAI 2015 yang berjumlah 448 mahasiswa dan stakeholders sebanyak 20 responden. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa masa tunggu alumni Prodi PAI FTIK Unisnu Jepara dalam memperoleh pekerjaan tidak terlalu lama yaitu kurang dari enam bulan. Lulusan Prodi PAI sudah dianggap memiliki kemampuan yang cukup untuk menghadapi dunia kerja. Peranan prodi dalam menyiapkan alumni PAI menghadapi dunia kerja tampak pada pemberian bekal keilmuan di bidang keguruan. Selain itu, Prodi juga membekali alumni PAI dengan keterampilan khusus, utamanya di bidang public speaking, mengoperasikan alat teknologi informasi (komputer), dan kegiatan praktik pengabdian yang sifatnya langsung berhubungan dengan masyarakat, misalnya PPL ataupun KKN. Ketidakpuasan stakeholders terhadap alumni PAI terletak pada penguasaan IPTEK keterampilan mengoperasikan komputer, keterampilan berbahasa, dan pengembangan diri untuk masing-masing lulusan misalnya sikap kerjasama, kreativitas, kedisiplinan dan tanggung jawab.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPIT

Publisher

Subject

Education

Description

Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam p-ISSN: 2088-3102; e-ISSN: 2548-415X is an journal published by the Faculty of Tarbiyah and Education Science Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. The journal focuses its scope on the issues of Islamic education. We invite scientists, scholars, researchers, as ...