Jurnal Kiprah
Vol 8 No 1 (2020): Jurnal Kiprah

Peningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Melalui Running Dictation Pada Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri Mautenda

Wangge, Yuliani Sepe (Unknown)
Timu, Wilhelmina Donata (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri Mautenda. Permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar bahasa Inggris. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bahasa Inggris melalui running dictation pada siswa kelas VIII di SMP Negeri Mautenda Kecamatan Wewaria, Kabupaten Ende. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan selama dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri Mautenda yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar melalui running dictation mengalami peningkatan dari siklus I dengan rata-rata sebesar 58% meningkat menjadi 77,14% pada siklus II. Meningkatnya aktivitas belajar berpengaruh pada meningkatnya hasil belajar. Pada siklus I rata-rata hasil belajar sebesar 64 meningkat menjadi 78 pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan running dictation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bahasa Inggris. Kata Kunci: Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Running Dictation

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

kiprah

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

KIPRAH merupakan usaha giat dalam melakukan sesuatu terutama ditujukan bagi dosen untuk lebih giat mempublikasikan karya ilmiah. Jurnal Kiprah ini dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji. Jurnal ini memuat artikel berupa hasil penelitian dan kajian ...