Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Al Qalam Vol. 14, No. 1, Januari-Juni 2020

POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBINA KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN PADA ANAK DI DESA PADANG TANGGUL KECAMATAN AMUNTAI SELATAN

Mahmud Mahmud (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2020

Abstract

Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana pola asuh orang tua dalam membina kemampuan membaca al-Quran pada anak di Desa Padang Tanggul Kecamatan Amuntai Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran yang jelas mengenai bagaimana pola asuh orang tua dalam membina kemampuan membaca al-Quran pada anak di Desa Padang Tanggul Kecamatan Amuntai Selatan. Penelitian ini dilandasi asumsi dasar bahwa orang tua mempunyai peran dan tanggung jawab yang besar dalam membimbing, memberikan perhatian, dan pengawasan bagi anak-anaknya dalam pendidikan membaca al-Quran. Namun sepertinya mereka beranggapan bahwa hal tersebut cukup diserahkan kepada lembaga pendidikan saja. Padahal orang tua seharusnya harus memberikan perhatian, peraturan, pendisiplinan, hadiah dan hukuman agar anak-anaknya mampu membaca al-Quran dengan baik dan benar. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh kepala keluarga yang mempunyai anak usia 5-9 tahun yang berjumlah 58 kepala keluarga dan diambil sampel 8 kepala keluarga secara acak (random sampling) untuk diteliti. Sedangkan objeknya adalah pola asuh orang tua dalam membina kemampuan membaca al-Quran pada anak di Desa Padang Tanggul Kecamatan Amuntai Selatan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumenter. Data diolah dengan menggunakan teknik reduksi data, display data dan verifikasi data, kemudian diadakan analisis data dengan teknik diskriptif kualitatif dan untuk mengambil kesimpulan digunakan teknik induktif. Hasil penelitian adalah pola asuh orang tua dalam membina kemampuan membaca al-Quran pada anak sudah maksimal. Hal ini disebabkan oleh adanya perhatian yang diberikan orang tua terhadap kemampuan membaca al-Quran kepada anak-anaknya dengan mendidik langsung belajar membaca al-Quran di rumah, adanya peraturan dalam belajar membaca al-Quran yang membuat anak rutin dan disiplin dalam belajar membaca al-Quran, adanya  upaya pendisiplinan dengan memberikan keteladanan kepada anak sehingga menjadikan anak istiqamah dalam belajar membaca al-Quran, adanya pemberian hadiah untuk menambah semangat anak dalam belajar membaca al-Quran dan adanya pemberian hukuman yang bersifat mendidik untuk meluruskan kesalahan anak.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (P-ISSN: 1907-4174 ; E-ISSN: 2621-0681) merupakan jurnal berkala yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan yang memuat tulisan dari dosen, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan dan lain sebagainya. ...